Pasang Behel, Perlu Gak Sih? Kenapa Kita Sarankan untuk Pasang

Pasang behel gigi sekarang lebih aman dan lebih nyaman dengan teknologi yang terbaru, peralatan modern, dan kontrol behel gigi secara rutin.

Konsultasi terlebih dahulu dan dapatkan penjelasan dari dokter tentang kondisi gigi kamu, ini dapat membantu menentukan jenis behel yang cocok dengan kamu dan lama pemakaiannya.

Apa aja sih jenis kawat gigi yang tersedia?

Kawat gigi konvensional / tradisional
menggunakan bantuan karet untuk menahan kawat dari behel ini dan memiliki warna-warna yang menarik

Kawat gigi self ligating / Damon
menggunakan teknologi self ligating dengan mekanisme slide yang unik sehingga tidak memerlukan karet, kawat jadi lebih mudah bergerak sehingga perawatan jadi lebih cepat

Kawat gigi lingual
dipasang dibagian belakang gigi kamu. bracket akan dikaitkan ke gigi bagian belakang kamu, ini sangat cocok untuk kamu yang ingin bentuk gigi rapi namun kurang percaya diri jika memakai behel

Kawat Gigi Digital (Digital Orthodontic)
*Inovasi teknologi terbaru merapikan gigi menggunakan behel transparan tanpa kawat dikenal dengan nama clear aligner, yang berbahan plastik bening

Keunggulannya lebih estetik, tidak menimbulkan rasa sakit, dan lebih nyaman

Untuk memasangnya, pasien terlebih dahulu melakukan pemeriksaan dengan dokter gigi. Setelahnya, dokter akan mengambil foto, x-ray, dan pemindaian digital design pada gigi.

Invisalign
jenis behel berbentuk seperti cetakan gigi berbentuk transparan. Cetakan tersebut akan membantu menggeser posisi gigi sesuai dengan yang diinginkan.

Jadi yang mana kawat gigi pilihan kamu?

Kalau masih bingung, jangan sungkan konsultasikan permasalahan gigi kamu di @imdentalspecialistclinic.

Kamu bisa menyesuaikan kawat gigi yang akan dikenakan dengan kebutuhanmu.

Mengenal Teknologi Terbaru dalam Perawatan Gigi Digital (Digital Dentistry)

Perkembangan teknologi digital turut berperan dalam segala lini kehidupan. Teknologi digital juga turut membantu memudahkan pekerjaan para dokter gigi dengan hadirnya berbagai perangkat perawatan gigi berbasis digital (digital dentistry). Perangkat digital untuk kedokteran gigi mampu mempercepat waktu pemeriksaan, perawatan bahkan hingga pembuatan gigi tiruan.

perawatan gigi

4 Teknologi Terbaru Perawatan Gigi Berbasis Digital (Digital Dentistry)

1. Digital X – Rays

Foto digital termasuk ke dalam teknologi kedokteran gigi yang baru dikembangkan. Foto digital menawarkan peningkatan kemampuan dalam mendeteksi area yang bermasalah pada mulut dan gigi. Teknologi ini memanfaatkan sinar dan sensor elektronik untuk menghasilkan gambar foto gigi dan tulang.

Berbeda dengan pemeriksaan lewat teknologi konvensional, hasil foto gambar dengan digital mampu menghasilkan foto gigi dan tulang dalam waktu hampir bersamaan. Gambar yang dihasilkan pun tersimpan rapi di dalam komputer sehingga dokter bisa menggunakan data yang tersimpan untuk pemeriksaan dari waktu ke waktu.

Foto digital digunakan untuk mengidentifikasi gigi, tulang rahang serta membuat gigi tiruan, kawat gigi/behel/braces. Foto digital memainkan peran penting untuk mengetahui lokasi peletakan implan gigi/ gigi palsu yang tepat, diagnosa mahkota gigi yang rusak, serta memperbaiki kerusakan gigi yang berhubungan dengan saluran akar.

2. i-CAT Scanning CBCT (Cone – Beam Computed Tomography)

Teknologi CBCT membantu dokter gigi untuk dapat mengidentifikasi gigi beserta tulang rahang dalam bentuk gambar 3D. Teknologi i-CAT scanning dari berbagai arah untuk menciptakan gambar berbentuk 3D. Gambar 3D ini merupakan gabungan dari banyak gambar 2D yang akurat yang kemudian saling digabungkan menjadi satu.

Alhasil, gambar 3D yang terbentuk akan lebih akurat dan menyeluruh. Hasil cetakan gambar dari teknologi i-CAT scanning akan digunakan sebagai landasan desain gigi tiruan pada teknologi berikutnya yakni CAD (Computer – Aided Design) dan CAM (Computer – Aided Manufacturing).

3. Teknologi CAD / CAM 

digital dentistry

credit to: BCU

Teknologi CAD (Computer – Aided Design) dan CAM (Computer – Aided Manufacturing) berfungsi untuk mendesain dan memfabrikasi gigi tiruan, crown/ mahkota gigi, veneer, kawat gigi/behel/braces. Teknologi CAD memanfaatkan hasil cetakan gambar 3D yang dihasilkan oleh i-CAT scanning untuk kemudian digunakan sebagai landasan dalam mendesain gigi tiruan, crown, veneer dan kawat gigi/behel/braces.

Dengan adanya teknologi i-CAT scanning serta CAD/CAM, kini para pasien tidak perlu lagi memasang cetakan gigi tiruan sementara untuk melihat apakah cetakan tersebut bekerja dengan baik atau tidak. Gambar beresolusi tinggi dan akurat dari i-CAT scanning serta teknologi CAD/CAM mampu membantu dokter untuk mendesain bentuk gigi tiruan, crown gigi, veneer, kawat gigi yang tepat.

Setelah desain gigi tiruan selesai dibuat di komputer, desain akan dikirim ke mesin pencetakan yang terintegrasi dengan teknologi CAM untuk kemudian dihasilkan gigi tiruan, crown / mahkota gigi, veneer dalam waktu cepat. Secara otomatis mesin akan bekerja mencetak gigi sesuai desain.

Keunggulan Digital Dentistry

1. Hemat Waktu dan Lebih Aman

Pemeriksaan gigi, desain gigi tiruan, pembuatan hingga pemasangan gigi dapat dilakukan dalam waktu cepat. Teknologi ini juga membuat perawatan gigi lebih aman untuk pasien karena waktu perawatan yang berkurang sehingga pasien tidak perlu duduk terlalu lama.

2. Hasil Lebih Natural

Penggunaan bahan material gigi tiruan, crown/mahkota gigi, veneer, tambalan gigi dirasa lebih baik karena karakteristik yang lebih mendekati karakter enamel gigi. Selain itu, material untuk gigi tiruan tersebut juga mampu bekerja mendekati bentuk struktur gigi asli baik secara penampilan maupun sifat mekanik.

Sifat mekanik yang serupa membuat gigi palsu, tambaln gigi, crown / mahkota gigi bekerja hampir serupa gigi asli. Secara penampilan, gigi tiruan, tambalan gigi, crown/mahkota gigi, veneer yang dihasilkan serupa dengan gigi asli.

3. Hasil kawat gigi digital lebih bagus dan estetik, lebih cepat, lebih nyaman.

Seperti fingerprint, your smile is unique. Sistem computer dengan kombinasi digital membuat rencana perawatan dan membuat kawat gigi / braces / behel gigi, bentuk kawat gigi / wire sesuai dengan bentuk anatomi gigi, jadi kawat gigi dibuat secara custom, akurat dan sesuai dengan bentuk wajah ideal.

Pada kawat gigi digital, pasien dapat melihat hasil akhir gigi sebelum behel/braces dipasang sehingga lebih jelas gambarannya. Disamping itu pasien juga dapat melihat bentuk senyum yang baru sebelum mulai perawatan kawat gigi.

IM Dental Specialist dan memberikan “High Tech Treatment Solution” yaitu perawatan gigi dengan teknologi modern, terkini, dan dengan hasil terbaik. Dengan perawatan gigi digital terbaik dari kami, kami pastikan untuk memberikan hasil yang terbaik dan didukung tim dokter gigi spesialis berkualitas.

Gusi Sering Berdarah? Bau Mulut? Ini Mungkin Pertanda Karang Gigi

Banyak masyarakat sering mengeluh gusi sering berdarah saat menggosok gigi dan sering mengeluh bau mulut.

Gusi berdarah dan bau mulut salah satu penyebabnya dapat dikarenakan menumumpuknya karang gigi. Karang gigi? Apa sih karang gigi itu? Bagaimana cara menghilangkannya? Disini kita akan bahas tentang karang gigi, akibat dan cara pembersihannya.

karang gigi

Apa itu karang gigi?

Karang gigi merupakan kumpulan plak atau sisa makanan yang mengandung mikroorganisme, dalam jangka waktu yang lama mengalami kalsifikasi dan melekat erat pada permukaann gigi. Karang gigi memiliki konsistensi yang keras, sering menyebabkan gigi akan terasa kasar dan tebal.

Apa akibat dari karang gigi?

Karang gigi yang terus menerus dibiarkan di dalam mulut merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit periodontal (penyakit pada gusi dan jaringan penyangga gigi). Apabila tidak dibersihkan, gusi akan mengalami peradangan atau inflamasi yang ditandai dengan warna kemerahan, pembengkakan gusi, gusi mudah berdarah saat menggosok gigi hingga perdarahan spontan.

Jika dibiarkan terus menerus maka peradangan akan berlanjut ke jaringan penyangga gigi (tulang alveolar), yang dapat menyebabkan gigi akan goyang. Bila tidak segera ditanggulangi dengan baik, bisa menyebabkan gigi terlepas sendiri dari soketnya. Selain itu, karang gigi yang menumpuk juga dapat menimbulkan bau yang kurang sedap dari dalam mulut, lhoo.

Bagaimana cara membersihkannya?

Sering kali masyarakat mengeluh sudah sering menggosok gigi kenapa tetap masih ada karang gigi ya? Karena konsistensinya yang keras dan melekat erat pada gigi, karang gigi tidak bisa dibersihkan hanya dengan menggosok gigi.

Karang gigi dibersihkan menggunakan peralatan khusus untuk membersihkan karang gigi (scaler). Pembersihan karang gigi atau sering disebut skaling dapat dilakukan secara manual maupun ultasonik. Pembersihan karang gigi sendiri dapat dilakukan oleh praktisi kesehatan gigi. Penggunaan scaler ultrasonic untuk membersihkan karang gigi sekarang ini sedang populer karena lebih cepat dan meminimalisir rasa nyeri.

Bagaimana cara mencegahnya?

Ada beberapa cara untuk mencegah menumpuknya karang gigi, dengan melakukan :

  1. Membersihkan gigi menggunakan sikat gigi, teknik, dan frekuensi yang tepat
  2. Menggunakan dental floss untuk membersihkan celah-celah gigi yang sulit dibersihkan menggunakan sikat gigi
  3. Mengkonsumsi makanan yang berserat untuk membantu membersihkan gigi secara alami
  4. Hindari kebiasan buruk seperti merokok, vape, serta minum minuman yang menimbulkan pewarnaan seperti kopi dan teh
  5. Periksakan kondisi gigi dan mulut ke dokter gigi secara rutin (setiap 3 atau 6 bulan sekali)

Sekarang sudah tau kan tentang bahayanya karang gigi. Tunggu apa lagi, segera periksakan gigimu ke dokter gigi. Semakin menunda masalah gigi akan menyebabkan masalah yang lebih parah lhoo

Sumber:

Rateitschak, K.H & E. M., Wolf, H.F., Hassell, T. M., 2004, Color Atlas of Dental MedicinePeriodontology, Theime Inc, New York.

Aghanashini, S., Puvvalla B., Mundinamane, D. B., Apoorva, SM., Divya B., Lalwani, M., 2016, A Comprehensive Review on Dental Calculus, Journal of Health Sciences & Research;7(2): 42-50

Perawatan Gigi Susu, Perlu Nggak Sih? Kan Nanti Ganti Gigi Permanen

Banyak ibu-ibu yang sering khawatir dengan kondisi gigi anaknya. Dan seringlah muncul pertanyaan-pertanyan seperti perlu ngga gigi susu dirawat, boleh ngga anak makan-makanan manis, gimana ya cara menjaga gigi anak, kapan ya anak di bawa ke dokter gigi? Mari kita bahas satu per satu.

Kesehatan gigi anak sangat perlu diperhatikan sejak dini. Meskipun gigi susu akan digantikan oleh gigi dewasa, namun gigi susu memiliki peranan yang cukup penting.

Gigi susu memegang peranan penting dalam pengunyahan (makan) dan berbicara. Selain itu, gigi susu berperan menyiapkan rahang bagi tumbuhnya gigi dewasa yang akan berhubungan langsung dengan perkembangan wajah. Apabila gigi susu tidak dirawat dengan baik dapat berpengaruh ke kesehatan tubuh secara keseluruhan.

perawatan gigi susu

Menjaga kesehatan gigi anak dilakukan sejak sebelum gigi pertama muncul. Dengan membersihkan gusi untuk mencegah penumpukan bakteri.  Bersihkan gusi sekali atau dua kali sehari dengan kassa/ kain lap bayi yang bersih dan basahi dengan air hangat lalu usapkan pada gusi. Setelah gigi muncul, bersihkan dengan sikat gigi khusus bayi/anak.

Boleh ngga anak makan-makanan manis?

Ibu-ibu pasti sudah tahu betul tentang efek buruk apabila mengkonsumsi makanan manis berlebihan bagi kesehatan anak.

Dampak buruknya bagi gigi anak seperti gigi berlubang, gigi tampak hitam-hitam dan habis, kemungkinan terburuknya gigi menjadi busuk, gusi menjadi bengkak dan sakit lalu membuat anak jadi rewel. Nah melarang anak untuk sama sekali tidak mengkonsumsi permen dan coklat sangat sulit dilakukan, untuk itu peran orang tua dalam mengawasi konsumsi makanan anaknya sangat penting.

Kontrol waktu yang tepat, makanan manis sebaiknya dikonsumsi sesaat setelah makan besar karena produksi air liur lebih banyak pada saat tersebut. Dimana air liur akan membantu membersihkan sisa makanan dan bakteri di dalam mulut. Perlu diingat jangan menjadikan makanan manis sebagai cemilan harian bagi anak, berikan disaat-saat tertentu saja.

Hindari makanan manis yang lengket (caramel, sticky coklat, permen-permen yang lengket) yang dapat menempel lama dan lebih sulit dibersihkan di dalam mulut. Hal tersebut mengakibatkan resiko lubang pada gigi. Simpan makanan manis (permen, coklat, caramel) jauh dari jangkauan anak.

Gimana ya cara menjaga gigi anak?

Bersihkan gigi anak dengan menyikat gigi minimal 2x sehari saat setelah makan pagi dan sebelum tidur menggunakan pasta gigi berfloride. Bersihkan celah-celah gigi anak dengan benang gigi (dental floss).

Perbanyak minum air putih dan hindari minuman manis seperti air berperisa, minuman olahraga serta minuman bersoda. Konsumsi makanan yang bergizi, makanan yang masuk ketubuh akan berpengaruh terhadap kesehatan umu dan kesehatan gigi anak. Yang terakhir rutinlah periksa ke dokter gigi.

Kapan anak sebaiknya dikenalkan ke dokter gigi?

Sebaiknya bawalah anak ke dokter gigi sedini mungkin, minimal ketika gigi pertamanya muncul.

Gigi susu sudah mulai tumbuh di dalam gusi sejak dalam kandungan, namun gigi pertama muncul pada usia 6 bulan atau dapat lebih cepat/lambat. Nah apabila sampai usia 1 tahun belum ada gigi yang muncul, bawalah anak ke dokter gigi. Saat gigi pertama muncul inilah, waktu yang tepat untuk memulai perawatan gigi pada anak. Pemeriksaan gigi lebih dini, akan mencegah resiko sakit pada gigi anak. So, jangan lupa yaa ajak anak anda ke dokter gigi.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Saat Puasa

Bulan puasa seperti sekarang ini, pasti banyak yang merasakan mulut terasa lebih bau daripada hari-hari biasa. Disini kita akan berikan tips bagaimana mencegah bau mulut saat puasa.

1. Rajin menyikat gigi dan lidah

Salah satu cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yaitu dengan menyikat gigi secara rutin minimal dua kali sehari. Pada saat puasa, menyikat gigi dapat dilakukann setelah sahur dan sebelum tidur di malam hari. Pastikan kalian menyikat seluruh permukaan gigi dan sela-sela gigi dengan benar. Selain itu, lidah juga merupakan hal terpenting yang harus disikat untuk menghilangkan bakteri dan sisa-sisa makanan yang menempel.

2. Berkumur dengan obat kumur

Pengguunaan obat kumur dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut. Berkumurlah dengan obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Kenapa sih kok tidak boleh yang mengandung alkohol? Karena obat kumur yang mengandung alkohol dapat membuat mulut kering yang menyebabkan bau mulut.

3. Perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka

Walupun puasa kalian tetap dianjurkan minum air putih 8 gelas sehari. Minum air putih yang cukup dapat meningkatkan produksi air liur yang dapat mencegah mulut kering.

4. Perbanyak konsumsi buah dan sayur saat sahur dan berbuka

Perbanyaklah makan buah dan sayur yang dapat meningkatkan produksi air liur. Buah dan sayur yang berserat dan mengandung banyak air, antara lain apel, pir, jeruk dan melon.

5. Hindari makanan dan minuman yang beraroma tidak sedap

Beberapa jenis makanan dan minuman, seperti bawang putih, bawang bombay, dan durian, dapat menyebabkan bau mulut, bahkan hingga 3 hari setelah mengkonsumsinya. Apabila mengkonsumsi makanan tersebut, sebaikanya segera menyikat gigi agar baunya tidak menempel terlalu lama di dalam mulut.

6. Hindari merokok

Rokok memiliki dampak buruh terhadap kesehatan tubuh, selain ini kandungan tembakau dalam rokok dapat menyebabkan mulut berbau tidak sedap. Jadi masih mau merokok??

Semoga tips-tips ini bermanfaat untuk kalian yang sekarang kurang PD karna bau mulut yaa. Selamat menunaikan ibadah puasaa . . .

Bleaching / Whitening Gigi: Amankah bagi Gigi?

Siapa sih yang tidak mau giginya tampak putih dan bersinar? I bet everyone wants it. Yaa, sekarang ini perawatan untuk membuat gigi lebih putih sedang menarik perhatian.

Pasti kalian tidak asing dengan kata ini, bleaching. But, kalian pasti juga penasaran dengan proses bleaching, apakah bleaching akan mengikis gigi? Apakah melakukan bleaching dapat menimbulakan gigi sensitive? Apakah bahaya bagi mulut? dan seterusnya. Di sini kita akan bahas tentang bleaching.

Bleaching gigi merupakan salah satu prosedur yang efektif dan cepat untuk membuat gigi lebih putih dan cerah. Perawatan ini menggunakan bahan kimia yang mengandung peroksida yang terbilang aman, apabila berada di bawah pengawasan dokter gigi. Bahan tersebut membantu menghilangkan stain ekstrinsik (pewarnaan pada gigi yang diakibatkan oleh sisa makanan dan minuman yang berwarna; kopi, teh, rokok dan lain-lain) sehingga hasilnya dapat membuat gigi lebih putih dan cerah.

Bahan bleaching ini akan mengoksidasi stain pada gigi sehingga tampak lebih putih, bukan mengikis permukaan gigi. Tingkat perubahan warna dari proses bleaching ini akan berbeda-beda setiap individu. Begitu juga dengan sensitivitas gigi juga akan berbeda-beda setiap individunya. Sensitivitas gigi dapat terjadi 24 jam pasca perawatan bleaching, kemudian akan berkurang dan hilang, kembali nyaman seperti semula.

Nah jadi itu kurang lebih penjelasan tentang bleaching gigi. There’s no need to be worried! So, what are you waiting for? Let’s make an appointment for teeth whitening at IM Dental Specialist. Jangan menunggu lagi untuk membuat senyummu cemerlang.